Jatuh Cinta pada Kokoro No Tomo

by - Selasa, Maret 25, 2014

Ooohhhh eemjiii.....
Ini baru pertama kalinya gue suka sama satu program acara dalam sekali liat. Tapi dalam sekejap juga gue harus patah hati karena tuh acara udah END karena episode-nya cuma pendek. Cuma 8 episode dengan durasi per episode-nya cuma sekitar 20 menitan... *guling2, kayang, jejeritan gak terima*

Emang acara apaan sih itu...??

Acara itu adalah Kokoro No Tomo.
Acara ini tayangnya di Metro TV tiap hari Sabtu jam 10 pagi. Tapi pas tulisan ini gue bikin, tuh acara udah abis. Udah tamat episodenya... huaaaaa... :'(


Awal mula gue merasa, "Ah gue suka sama nih acara" adalah waktu di Solo di Kos temen BL gue yang namanya Yaya. Kenapa gue saat itu bisa nangkring di kosan temen gue di Solo karena pas itu gue sama 'temen edan' BL gue mau dateng ke acara Jumpa Atlet yang diadain sama PB Djarum di GOR Manahan Solo. Okeee... mungkin lo bakal mikir gue super edan karena gue bela-belain dateng dari Malang ke Solo cuma buat dateng ke acara Jumpa Atet yang ternyata cuma diadain 10 menit-an doang..!! *kemudian hening*

Balik ke acara Kokoro No Tomo...
Sebenernya nih acara bukan sesuatu yang baru banget bagi gue. Karena gue sebenernya udah tahu bahkan dapet informasi langsung dan sempet wawancara sama pihak Japan Foundation (JF) yang merupakan salah satu pihak pendukung acara Kokoro No Tomo ini. Gue dapat info dan wawancara ini waktu gue magang di salah satu kantor berita gitu di Jakarta sana pada tahun 2013 lalu. Heheheee...



Dari sekian banyak penjelasan yang gue terima saat itu, yang paling gue inget konsep acara Kokoro No Tomo (Sahabat Sejati) ini adalah salah satu upaya untuk saling mengenalkan budaya Jepang ke Indonesia dan sebaliknya sebagai sarana untuk mengakrabkan hubungan antara Indonesia dan Jepang. :D

Dan ternyata.... acara Kokoro No Tomo yang kemarin gue liat di Metro itu adalah wujud real dari konsep acara yang pernah gue dapet penjelasannya *baru ngeh dan baru sadar*

Dan ternyatanya juga.... acara Kokoro No Tomo yang gue liat kemarin juga itu adalah acara Kokoro No Tomo yang session keTIGA. Sebelumnya di tahun 2013 setelah resmi dilaunching dan diumumkan, acara Kokoro No Tomo udah dibikin.. tapi gue gak tau.. #hiks.

Tapi setelah gue searching-searching di Mbah Gugel, menurut gue pribadi Kokoro No Tomo sesi ketiga lebih menarik dari yang sesi pertama sama keduanya dulu. Kenapa? Karena Kokoro No Tomo sesi ketiga ini lebih POP, konsepnya lebih seru, dan lebih enak buat diikuti daripada yang sebelumnya.

Sekilas di sesi yang pertama dan kedua, konsep acaranya ya cuma MC (MC-nya adalah Amanda Zevannya. Pengalaman Amanda jadi MC KNT bisa baca di blognya) sama narator yang jelasin tentang apa-apa yang lagi dilakuin dan info tempat yang lagi dikunjungin. Kalau yang sesi ketiga.... ada ceritanya, jadi kayak semi-semi drama atau cerita bersambung atau mini FTV gitu deehh.. lebih seru... :D

Ah iya, sebelum melangkah lebih jauh.. di semua sesi Kokoro No Tomo semuanya ambil setting di Jepang. Jadinya penonton disuguhin sama tempat-tempat keren di Jepang dan gimana kebudayaan-kebudayaan Jepang...

Lanjutin bahas Kokoro No Tomo Sesi 3 yaaa... :D
Adalah Kokoro cewek asli Jepang yang bersahabat pena dengan Tomo seorang traveller asal Indonesia. Setelah cukup lama bersahabat pena, Tomo memutuskan untuk datang ke Jepang untuk travelling dan bertemu dengan Kokoro. Dan disinilah cerita bermula... :D

Oiya, Kokoro di cerita ini diperankan oleh Yuuki Kimoto yang merupakan mantan personel SDN48 (idol grup temenannya AKB48 dan JKT48. cekikiikk) dan Tomo yang diperankan oleh Ryan Adriandhy yang merupakan stand up comedian Indonesia (kalo lupa, Ryan ini juara Stand Up Comedy sesi I)

Tomo dan Kokoro. Gambar dari sini
Berbekal bawaan layaknya traveller dan Yubisashi Guide Book (semacam kitab komunikasi selama di Jepang yang isinya ungkapan sehari-hari sampe rayuan unyu *kata si Tomo*) dan semangat '45 Tomo pun berangkat ke Jepang dengan naik pesawat (kampretnya pesawatnya itu pake Garuda Indonesia first class. Oke pliss jangan ngiri karena itu memang SPONSOR -_-)

Setelah sampe di Jepang, si Tomo pun janjian sama Kokoro di sebuah cafe dan yaahh cerita selanjutnya sampe endingnya kalian liat sendiri aja laahh... :D (video di bawah udah urut dari episode 1 sampe episode 8 -ending-)

















Aselii ngeliat trip-nya si Tomo dan cerita-cerita yang terjalin antara dia dan si Kokoro bikin ngiler... bikin pengen ke Jepang. Selain itu bikin ketawa ngakak juga karena kekonyolannya si Tomo *yaa maklum aja sik.. kayaknya emang bawaan individu. Si Ryan kan spesialisasinya nge-banyol*

Jujur dan gak bisa bohong.. semua episode dari sesi ini berkesan banget buat gue. Selain terpesona dan ternganga sama tempat-tempat dan juga hal-hal tentang Jepang yang diceritain sama Tomo dan Kokoro, chemistry yang dibuat Ryan sama Yuuki sebagai Tomo dan Kokoro dapet bangeet..!! Gue sampe gemes liat kebersamaan mereka dan unyunya mereka. Saking unyunya mereka, gue sempet berharap dengan laknat mereka bakal jadian di dunia nyata *kemudian digemplang pacarnya si Ryan*

Beberapa scene kedekatan Kokoro dan Tomo....






Beberapa episode yang bikin gue gemes adalah saat Kokoro ngambek karena Tomo telat dateng di waktu yang mereka janjikan. Kokoro pun nyamperin si Tomo di hotel tempatnya nginep dan ngeliat si Tomo masih ngorok *meeeehhh*. Kokoro sebagai orang Jepang yang terbiasa disiplin waktu pun akhirnya ngambek sama Tomo. Tapi ajaibnya Tomo bisa meluluhkan hati Kokoro dengan permintaan maaf dan sedikit gombalan unyu yang secara ajaibnya bikin Kokoro tersepona -eh, terpesona maksudnya-


Cara Tomo ngerayu si Kokoro *ampun wajahnya si Ryan -_-*

Trus gemes lagi itu pas Kokoro sama Tomo berantem di episode 6.
Si Kokoro cemburu sama si Tomo yang terlalu seru liatin parade geisha di salah satu objek wisata gitu. Si Tomo yang gak sadar karena terlalu asyik liatin parade geisha ngira si Kokoro diculik sama kawanan ninja pas dia sadar Kokoro gak ada di sebelahnya karena objek wisatanya itu memang berkonsep kayak desa tradisional Jepang gitu yang masih ada ninja dan sebagainya. Karena dikira diculik ninja akhirnya Tomo latihan keras buat jadi ninja hebat buat nyelametin Kokoro. Eeehhh gak taunya pas ketemu lagi Kokoro lagi seru makan Soba (kayak semacam mie gitu) sama cowok lain. Akhirnya mereka berdua pun berantem. Waddeezziinngg.. gemes banget liat mereka berantem.
 
Ini nih yang bikin Kokoro ngambek sama Tomo...
Dan Kokoro pun ngambek beneran....
 
Dan yang terakhir, jelas waktu the last episode... Episode 8..
Tomo sama Kokoro kayak kencan perpisahan gitu.. Mereka naik kapal Hotaluna ke Odaiba. Sebelum naik kapal ke Odaiba, Kokoro nemenin Tomo belanja oleh-oleh buat keluarganya. 

Kokoro dan Tomo waktu coba bikin replika makanan
Ngejar waktu biar gak ketinggalan kapal

Yess naik kapal juga...

Pas udah sampe Odaiba mereka jalan-jalan.. naik bianglala (padahal si Tomo takut sama ketinggian :p)

Setelah naik bianglala mereka duduk-duduk di taman, menikmati keindahan malam.. *tsaaaahhh*

Tomo : "Kokoro-chan, jangan lupakan saya ya.." (ngomongnya pake Bahasa Jepang)
Kokoro : "Tidak akan lupa.."

Trus abis itu mereka tuker-tukeran kado perpisahan...

Tomo : "Ini untuk kamu (sambil ngeliatin hadiahnya) aku pasti akan terus inget wajah cantik kamu.." *peeennggg Tomo ngegombal juga niihh*
Kokoro : (tertawa senang) "Terima kasih Tomo.." (ngambil hadiahnya Tomo, masukin dalam tasnya trus ngambil hadiah buat Tomo) "Saya juga gak akan melupakan rambut Dragon Ball Tomo *ini si Kokoro ngomongnya pake Bahasa Jepang* (trus ngasih hadiahnya ke Tomo)
Tomo : (ngambil hadiahnya) "Hai.. kamehameha.." (nutup hadiahnya) "Arigatou (terima kasih), Kokoro-chan.."
Kokoro : (ngangguk-ngangguk seneng sambil tersenyum)

Kemudian diam sesaaat..

Kokoro : (ngomong pake Bahasa Jepang) "Pasti akan rindu kekonyolan Tomo, candaan Tomo, logat Indonesia milik Tomo, kebaikan hati Tomo.." *ini si Kokoro ngomongnya kayak mau nangis sumpaaaahhhh*
Tomo : (ngomong pake Bahasa Jepang) "Saya akan merindukan segala hal tentang kamu."


*hwaaa.... bikin pengen guling-guling saking unyunya scene ini...*

Unyunya Tomo dan Kokoro....


And this is it... this is the ending... *gitu kata Tomo*
 
Dan ngutip quotenya si Tomo di akhir episode..
"Mungkin ini bukan happy ending yang sering kita lihat di film-film romansa dimana dua karakter utamanya akan berakhir bersama dan tidak terpisahkan. Pada akhirnya, saya harus pulang ke Jakarta dan meninggalkan Kokoro di Tokyo. Ia telah mengajarkan saya banyak hal di Jepang, saya benar-benar mendapatkan pengalaman yang berharga.."

"We maybe apart, but the memory stick forever..."

*huwwaaahhh...huwwaahh...huwwaahhh*

Dan pada akhirnya gue pun juga berpikir sekaligus juga berharap bahwa acara-acara kayak gini itu punya durasi dan episode tayang lebih lama gak cuma 8 episode a.k.a 8 minggu doang... karena acara macem gini bikin pengetahuan kita bertambah, jadi otak kita bisa diisi sama hal-hal yang positif dan bermanfaat gak melulu diisi sama joget-joget geje... *cuih*

Dan gara-gara acara ini (selain virus-virus Jepang yang ditularin sama Fingky lewat pemain-pemain bulutangkis Jepang yang unyu) gue jadi balik menggemari Jepang lagi... tertarik buat belajar Jepang lagi dan menyesali kenapa waktu SMA dulu.. waktu ada pelajaran Bahasa Jepang, gue gak belajar rajin dan sungguh-sungguh. Kalau belajar rajin dan sungguh-sungguh mungkin gue udah cukup mahir sama percakapan Bahasa Jepang dan bisa ngomong pake Bahasa Jepang sama Sayaka Takahashi.... :'( *oke abaikan*

"Buat saya.. Is the perfect ending...." -Tomo.

Semoga ada Kokoro No Tomo sesi berikutnya dengan konsep yang sama seperti sesi ini atau lebih keren... :D

Nonton Kokoro No Tomo lagi aaaaaaahhhhh..... :D

PS: Semua gambar-gambar di atas gue ambil dari Official Facebooknya Kokoro No Tomo 
Selain di FB kalian bisa follow juga official twitternya Kokoro No Tomo

You May Also Like

3 comments

  1. aih unyu banget, baru tau ada acara ini, aku taunya ada lagunya tuh kokoro no tomo, lagu jadul gitu, haha
    pengen nonton deh jadinya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... unyu yaa... :D
      Acara ini theme song-nya juga pake lagu Kokoro No Tomo yg jadul itu kok... cuma diaransemen ulang lagi gitu.. jadinya juga keren.. enak.. (y)
      yuukkk ayo nonton.. nonton.. :)

      Hapus
  2. aku juga suka banget sama acara ini.. soundtracknya SAO juga ada+penyanyinya juga :D

    BalasHapus